NAMA : ARIF EKA WIJAYA
KELAS : 4IA20
NPM : 51410072
PENDAHULUAN
Social Network Business (SNB) merupakan
sebuah website untuk menghubungkan bisnis dan situs jaringan sosial. Social
Network Business (SNB) sangat berhubungan dengan Social
Network Service (SNS) karena pada layanan jaringan sosial dapat dimanfaatkan
untuk menggelar atau melakukan suatu bisnis yang dapat bermanfaat bagi produsen
dan konsumennya. Contoh dari Social
Network Business adalah MySpace yang digunakan untuk industri musik.
Dengan adanya Social Network Business
para produsen dan konsumen-konsumennya bisa saling berinteraksi, bertukar
pikiran, dan memberikan pendapat, dan masukan yang bisa mengembangkan dari
bisnis itu sendiri. Jadi, jika ada kekurangan dari bisnis dapat diperbaiki
sehingga para konsumen puas dengan pelayanan yang diberikan.
Selain itu juga dengan adanya Social
Network Business, perusahaan harus berhati-hati pula memberikan informasi
kepada konsumen atau rekan bisnis lainnya. Agar tidak terbocornya rahasia dari
perusahaan itu sendiri yang bisa berakibat fatal.
TEORI
Social Network Business atau yang
dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan layanan jaringan sosial adalah
layanan online, platform, atau situs yang berfokus pada bangunan dan mencerminkan
dari jaringan sosial atau hubungan sosial antara orang-orang. Kebanyakan
layanan jaringan sosial berbasis web dan menyediakan sarana bagi pengguna untuk
berinteraksi melalui internet ,
seperti e-mail dan pesan instan.
Meskipun komunitas online jasa
kadang-kadang dianggap sebagai sebuah layanan jaringan sosial. Dalam arti yang
lebih luas, layanan jaringan sosial biasanya berarti berpusat-pelayanan
individual sedangkan komunitas online
layanan adalah kelompok-berpusat. Situs jejaring sosial memungkinkan pengguna
untuk berbagi gagasan, kegiatan, acara, dan kepentingan dalam jaringan
masing-masing.
Jenis utama layanan jaringan sosial adalah mereka yang berisi kategori
tempat-tempat (seperti reuni sekolah atau sekelas), sarana untuk terhubung
dengan teman-teman dan sistem rekomendasi terkait dengan kepercayaan. Metode
populer sekarang menggabungkan keseluruhannya, dengan Facebook, Bebo dan Twitter banyak digunakan di seluruh
dunia. MySpace dan LinkedIn yang paling banyak digunakan di
Amerika Utara. Nexopia terutama di
Kanada. Hi5, Hyves kebanyakan di
Belanda. StudiVZ kebanyakan di
Jerman. iWiW kebanyakan di Hungaria. Tuenti kebanyakan di Spanyol. Nasza-Klasa terutama di Polandia. Decayenne,
Tagged, XING, Badoo dan Skyrock di beberapa bagian Eropa. Orkut dan Hi5 di Amerika Selatan, India dan Amerika Tengah. Friendster, Mixi, Multiply, Orkut, celaka, RenRen dan Cyworld di Asia dan Kepulauan Pasifik
dan Orkut dan di India.
Menurut beberapa ahli, Social
Network Business (SNB) antara lain:
- Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial
sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di
atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan
penciptaan dan pertukaran user-generated content".
- Menurut Antony Mayfield dari iCrossing, media sosial adalah mengenai menjadi manusia
biasa. Manusia biasa yang saling membagi ide, bekerjasama, dan
berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berfikir, berdebat, menemukan
orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun
sebuah komunitas. Intinya, menggunakan media sosial menjadikan kita
sebagai diri sendiri. Selain kecepatan informasi yang bisa diakses dalam
hitungan detik, menjadi diri sendiri dalam media sosial adalah alasan
mengapa media sosial berkembang pesat.
ANALISIS
Menurut
analisa saya, Social Network Business (SNB) sangat
penting karena teknologi internet dan mobile phone makin maju dan media
sosialpun ikut tumbuh dengan pesat. Dengan adanya Social Network Business, maka setiap orang dapat saling
terhubung untuk berbagi informasi dan berkomunikasi.
Media sosial mengajak siapa saja
yang tertarik untuk berpartisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi
komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas. Sekarang
untuk mengakses facebook atau twitter dapat dilakukan dimana saja dan
kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone. Banyaknya orang yang
dapat mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap
arus informasi, tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia.
Karena kecepatan media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media
massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita.
Pesatnya perkembangan media sosial
kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk
memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal
yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang
pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan social media dengan jaringan
internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat
mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Kita sebagai pengguna social media
dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar,
video, grafis, dan berbagai model content lainnya.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar